Facebook SDK


Hay SMAGOPEDIA! Punya Hobi Menulis? Ingin tulisanmu dibaca banyak orang? Yuk, kembangkan kreatifitas menulis kamu di lensasmago.com | Tulisan kamu akan dipublikasikan di Lensa SMAGO loh | Hasil karya bebas, bisa artikel, cerpen, puisi, dsb. | Kamu juga akan mendapat bimbingan langsung | Buruan Gabung, kita tunggu yah | Hubungi nomor Whatsapp berikut 0812 3310 3663 atau 0822 3436 2046

        

    Apa Makna Taqwa?


Sering kita mendengar kata taqwa dalam kehidupan sehari-hari baik dalam ceramah-ceramah agama di layar televisi membaca di majalah  ataupun di media-media sosial yamg memviralkan tausiah-tausiah agama. Lantas apa sebenarnya arti dan definisi atau makna taqwa......? 


Taqwa تقــوى ) berasal dari kata  ( وقئ – يــقئ ) yang berarti melindungi atau menghindari. Melindungi atau menghindari diri kita dari hal-hal yang dimurkai Alloh SWT.


Menurut istilah makna taqwa adalah     


   إمتثال الأوامرالله واجتنب النواهه


Artinya : “upaya sepenuh hati untuk menjalankan semua apa yang menjadi perintah Alloh dan menjauhi dari semua apa yang menjadi laranganNya


Hal ini senada dengan peristiwa yang pernah terjadi pada masa sahabat Rasul, ketika Sayyidina Umar RA. Bertanya kepada sahabat nabi yaitu Ka’ab RA. Tentang apa makna “taqwa”


Apa yang engkau lakukan ketika berjalan di tempat yang penuh duri? tanya Ka’ab RA. 


Sayyidina Umar RA. Menjawabnya, “aku perhatikan tempat-tempat dimana kakiku melangkah dan aku akan akan berhati-hati jangan sampai aku menginjak-injak duri tersebut”


Maka Ka’ab berkata itulah “TAQWA”.


Dari makna dan peristiwa di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa makna taqwa yang di isaratkan oleh Rasululloh SAW, dengan sambil menunjuk ke dada beliau.....


ههناه التقوي

Artinya : “Taqwa itu di sini; Taqwa itu di sini”. (HR. Muslim)


Taqwa yang ada di dalam dada itulah yang akan membuahkan berbagai aktivitas-aktivitas seseorang dalam bentuk menjalankan semua perintah Alloh dan menjauhi semua larangan-laranganNya.



Apa tanda orang yang bertaqwa?


Adapun tanda-tanda orang yang bertaqwa itu sudah dijelaskan dalam Alqur’an dalam Surat: Al-Baqoroh ayat: 2-3. Dari ayat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tanda-tanda orang bertaqwa antara lain :


1.    Beriman kepada yang Gaib


الذين يوءمنون بالغيب


Orang yang bertaqwa pasti akan yaqin/percaya kepada sesuatu yang gaib ( tidak kelihatan atau tidak nampak ) seperti yaqin adanya Alloh SWT, adanya Malaikat, adanya hari Qiamat, adanya padang Mahsyar, adanya Surga (bagi orang yang beramal shaleh), adanya Neraka (bagi orang yang beramal buruk), adanya timbangan amal besuk di hari akhir dan lain-lain.


2.    Mendirikan shalat


ويقيمون الصلاة


Mendirikan shalat adalah tanda seseorang dikatakan sebagai orang bertaqwa. Mendirikan shalat adalah sebagai bentuk penghambaan kepada Alloh, merasa dirinya orang yang paling lemah dan membutuhkan segala sesuatu untuk kebutuhan di dunia dan akhirat. Mendirikan shalat ini dilakukan dengan sempurna yang memenuhi syarat dan rukun shalat.


3.    Mendermakan sebagian rizki/Sedekah


وممارزقناهم ينفقون


Orang yang bertaqwa pasti akan mendermakan sebagian dari riski yang mereka peroleh atau bersedekah. Karena mereka peduli dan memperhatikan hidup kepada orang-orang fakir dan miskin, Peduli dengan sesama inilah yang menggelitik orang yang yang bertaqwa untuk menyantuni orang lain terutama orang miskin dan fakir. Mereka yaqin bahwa dengan bersedekah itu tidak akan mengurangi harta mereka tapi justru malah akan menambah harta dan riski mereka.


4.    Meyaqini kepada kitab Al Qur’an dan kitab-kitab sebelum Al Qur’an


يوءمنون بما انزل اليك وما انزل من قبلك


Orang bertaqwa mereka akan meyakini kepada kitab suci Al Qur’an dan kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al qur’an seperti Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daut AS. Kitab Taurat dikturunkan kepada Nabi Musa AS. dan kitab Injil diturunkan kepada nabi Isa AS. Mereka meyakini bahwa kitab suci Alqur’an sebagai pedoman umat islam dalam menjalani hidup baik di dunia lebih-lebih di akhirat nanti.


5.    Yaqin adanya hari kiamat 


وبالأخرة هم بم يوقنون


Percaya pada hari akhir adalah mutlak bagi orang yang bertaqwa. Hari akhir/kiamat pasti terjadi itu adalah keyajinan yang mutlak ada pada diri orang yang bertaqwa. Segala peristiwa dan kejadian-kejadian yang terjadi pada hari akhir patut dan mutlak dipercayai. Hiruk pikuk yang terjadi pada saat terjadinya hari kiamat wajib kita yakini sebagai orang yang bertaqwa.



Apa imbalan  Allah bagi orang-orang yang bertaqwa?

 

Dari lima tanda orang yang bertaqwa di atas sebagai imbalannya Alloh SWT akan menjanjikannya seperti yang tersebut dalam Al qur’an surat : At Thalaq ayat : 2-5


1.    Diberikan jalan keluar dari kesulitan kesulitan


....يجعله مخرجا


Janji Alloh terhadap orang-orang yang bertaqwa mereka akan diberi jalan keluar atas kesulitan-kesulitannya. Baik kesulitan dalam hidup di dunia lebih-lebih di akhirat. Segala permasalahan hidup di dunia sepeerti masalah ekonomi, pekerjaan, keluarga, anak, biaya hidup menuntut ilmu anak-anaknya dan permasalahan hidup yang lain akan diberi jalan keluar atau solusi dari Alloh SWT


2.    Diberikan riski dari arah yang tidak terduga


.ويرزقه من حيث لايحتسب


Sebagai imbalan ke dua bagi hamba-hamba Alloh yang bertaqwa mereka akan diberikan rizki dari jalan yang tidak tersangka sangka. Jalan rizki yang tidak tersangka ini bisa dari hasil usaha, pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan, karyawan pabrik dan lain sebagainya


3.    Dimudahkannya semua urusan


…. يجعله من امره يسرا


Dimudahkan semua urusan baik urusan duniawiyah lebih-lebih ukhrowiyah adalah merupakan imbalan yang diberikan oleh Alloh terhadap hamba-hambanya yang bertaqwa. Ketika kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan hidup insya Alloh dengan kita taqwa/takut kepada Alloh niscaya janji Alloh akan dikabulkan yakni segala urusan kita dimudahkan oleh Alloh. Dengan dimudahkan segala urusan kita maka hidup kita akan damai, tentram, nyaman.


4.    Diampuni dosa-dosanya


….ومن يتق الله يكفر عنه سبا ته


Orang yang bertaqwa kepada Alloh, janji Alloh semua dosa dan kekhilafannya pasti akan diampuni oleh Alloh. Bagaimana rasanya hidup kalau kesalahan dan dosa-dosa akan selalu diampuni oleh Alloh hidup kita akan selalu mendapat berkah dan ridlo dari Alloh.


5.    Dilipatgandakan pahalanya


 ..... ويعظم له اجرا


Betapa bahagianya kalau amal-amal sholih yang kita lakukan selalu dilipat gandakan pahalanya oleh Alloh, hidup akan terasa damai tentram dan nyaman dan lebih ikhlas dalam menjalani hidup dan beribadah kepada Alloh


  Dari uraian di atas marilah kita memohon kepada Alloh semoga kita senantiasa selalu mendapatkan bimbingan dan tuntunan serta hidayah dari Alloh SWT dan termasuk hamba-hamba Alloh yang mendapatkan gelar Muttaqiin ( hamba-hamba Alloh yang bertaqwa ). Amiiiin..... Ya Mujibas Saailiiiin


Author : Imam Mujahid, Kepala Sekolah SMAN 1 Gondang Kab. Nganjuk


BACA ARTIKEL LAIN :
loading...

1 Komentar

  1. alhamdulilah SMAN 1 GONDANG dapat memberikan ilmu kepada siswanya meskipun dengan keadaan pandemi saat ini dengan mengoptimalkan penggunaan media publikasi yang ada. SMAGO HORRR!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Untuk mendapatkan informasi terbaru dari LENSA SMAGO silahkan masukkan email anda, GRATIS!!!

loading...