Facebook SDK

Hay SMAGOPEDIA! Punya Hobi Menulis? Ingin tulisanmu dibaca banyak orang? Yuk, kembangkan kreatifitas menulis kamu di lensasmago.com | Tulisan kamu akan dipublikasikan di Lensa SMAGO loh | Hasil karya bebas, bisa artikel, cerpen, puisi, dsb. | Kamu juga akan mendapat bimbingan langsung | Buruan Gabung, kita tunggu yah | Hubungi nomor Whatsapp berikut 0812 3310 3663 atau 0822 3436 2046

 
LENSA SMAGO, SMAN 1 GONDANG


LENSASMAGO - Asisten Kurikulum SMAN 1 Gondang, Sunaryo memberikan materi kepemimpinan pada Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang dilaksanakan di Aula SMAN 1 Gondang. (Lensa Smago, 19 Oktober 2020)



Materi Kepemimpinan ini disampaikan oleh Sunaryo, yang lebih dikenal dengan sapaan Lek Yo, beliau merupakan salah satu Guru Bidang Matematika dan sebagai asisten kurikulum di SMAN 1 Gondang. Dalam uraian materinya, beliau menyampaikan pentingnya arti kepemimpinan.


“Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi seseorang atau orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.” Tutur Sunaryo.


LENSA SMAGO, SMAN 1 GONDANG


Materi dilanjutkan dengan ciri-ciri pemimpin yang baik. Pemimpin baik memiliki sifat disiplin, jujur, cerdas, dan amanah (bisa menyampaikan ide). Kepemimpinan tergantung pada sifat-sifat kepribadian seseorang, memiliki kemampuan atau kompeten dalam kepemimpinan, dan kesanggupan.


Kepemimpinan memiliki fungsi yaitu sebagai berikut:

1.    Fungsi instruktif

Pemimpin berfungsi sebagai komunikator yang menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara mengerjakan perintah), dan dimana (tempat mengerjakan perintah) sehingga fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah.

2.    Fungsi konsultatif

Pemimpin sebagai komunikasi dua arah. Fungsi tersebut digunakan ketika pemimpin menetapkan keputusan yang memerlukan pertimbangan.

3.    Fungsi partisipasi

Pemimpin memberi kesempatan terhadap anggota untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan.



Seorang pemimpin harus memiliki gaya kepemimpinan yaitu sebagai berikut:

1.    Gaya Kepemimpinan Demokratis

Kepemimpinan demokratis adalah kepemimpinan yang memberikan kebebasan dalam mengutarakan ide atau pendapat. Pemimpin harus melakukan interaksi dan konsultasi dengan anggota

2.    Gaya Kepemimpinan Otokratis

Kepemimpinan otokratis adalah kepemimpinan yang memusatkan anggota pada atasan, segala keputusan harus dipertimbangkan oleh pemimpin.


Dalam pemberian materi, Sunaryo juga menyajikan sebuah video yang menggambarkan bahwa organisasi adalah satu batang tubuh yang saling keterkaitan. Bahwa dalam berorganisasi ditekankan untuk saling melengkapi, solidaritas tinggi, bekerja sama, dan saling melindungi.


Dengan Materi Kepemimpinan yang disampaikan oleh Sunaryo, diharapkan peserta LDKS SMAN 1 Gondang dapat memiliki semua kriteria seorang pemimpin. (Naim/Anggun)


BACA ARTIKEL LAIN :
loading...

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Untuk mendapatkan informasi terbaru dari LENSA SMAGO silahkan masukkan email anda, GRATIS!!!

loading...