Facebook SDK


LENSASMAGO – Hari kedua Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) yang bertempat di aula SMA Negeri 1 Gondang, Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan Bima Riesky berikan materi Skala Prioritas kepada peserta. (Lensasmago, 20/10/2020).


Hay SMAGOPEDIA! Punya Hobi Menulis? Ingin tulisanmu dibaca banyak orang? Yuk, kembangkan kreatifitas menulis kamu di lensasmago.com | Tulisan kamu akan dipublikasikan di Lensa SMAGO loh | Hasil karya bebas, bisa artikel, cerpen, puisi, dsb. | Kamu juga akan mendapat bimbingan langsung | Buruan Gabung, kita tunggu yah | Hubungi nomor Whatsapp berikut 0812 3310 3663 atau 0822 3436 2046

 

Saat sesi penyampaian materi berlangsung terdapat hal-hal penting yang sangat bermanfaat dan menjadi bekal penting untuk peserta LDKS. Tidak hanya bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran saja. Akan tetapi, bisa menjadi patokan dan bekal saat mereka sudah terjun langsung di lingkungan masyarakat.

 

Selain itu, beliau juga menjelaskan secara gamblang mengenai hal-hal dasar dari skala prioritas itu sendiri. Seperti halnya, teori, tujuan, tips dan contoh nyata yang terdapat lingkungan sekitar.

 

“Skala prioritas adalah dimana seseorang harus mengutamakan kebutuhan dari yang terpenting sampai kebutuhan yang bisa ditunda,” terang Bima Riesky pada seluruh peserta LDKS.




Pada sesi berlangsung beliau juga memaparkan dasar-dasar penting untuk menentukan suatu kebutuhan. Baik kebutuhan yang paling mendasar maupun kebutuhan yang mendesak. Bahkan, suatu kebutuhan yang bisa ditunda.

 

“Tujuan dari skala prioritas yaitu agar manusia dapat memanajemen kebutuhannya antara membeli barang yang diinginkannya atau mendahulukan kebutuhannya yang berifat mendesak, dan menghindari atau mengurangi kecenderungan pola hidup yang konsumtif.” ungkap Bima Resky.

 


Pada sesi tersebut, beliau juga menyampaikan, “bahwa tingkat kebutuhan seseorang dimulai dari yang terpenting sampai kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya,” terang Bima Rizky

 

Beliau juga mengungkapkan, bahwa skala prioritas dapat diibaratkan dengan lambang tiga warna. Pertama, warna merah yang memiliki arti kebutuhan yang sangat penting, Kedua, warna kuning yang berarti kebutuhan penting, sedangkan hijau yang artinya kebutuhan yang bisa ditunda pemenuhannya.

 

Untuk itu, dalam penyampaian materi “Skala Prioritas” diharapkan peserta LDKS dapat mengutamakan kepentingan dari yang sangat penting sampai yang bisa di tunda. Selain itu, mereka juga bisa membiasakan hidup tidak konsumtif, karena sudah memahami pentingnya menerapkan skala prioritas untuk kelangsungan hidup yang lebih efektif dan efisien. (PURI/IDA)


BACA ARTIKEL LAIN :
loading...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Untuk mendapatkan informasi terbaru dari LENSA SMAGO silahkan masukkan email anda, GRATIS!!!

loading...