Facebook SDK

 

 

IBU


Semua insan terlahir dari daya juangnya

Dengan naluri yang melebihi baja

Ia bak surya bagi makhluk di dunia

Perasaannya halus juga tulus

Sebab ia mengedepankan hati

Juga melindungi dengan do’a

Yang ia bumbungkan tinggi ke rumah Illahi Rabbi

Ia kesampingkan logika, juga ego yang terluka

Demi seulas senyum tertera di wajah kita

Dan seorang ibu, ia luar biasa

Dengan segala kelembutannya, ia sempurna


Hay SMAGOPEDIA! Punya Hobi Menulis? Ingin tulisanmu dibaca banyak orang? Yuk, kembangkan kreatifitas menulis kamu di lensasmago.com | Tulisan kamu akan dipublikasikan di Lensa SMAGO loh | Hasil karya bebas, bisa artikel, cerpen, puisi, dsb. | Kamu juga akan mendapat bimbingan langsung | Buruan Gabung, kita tunggu yah | Hubungi nomor Whatsapp berikut 0812 3310 3663 atau 0822 3436 2046


          Jam istirahat di SMA Andalan Bangsa, hari itu bertepatan pada tanggal 22 Desember yang dirayakan sebagai hari ibu di Indonesia. Seorang siswi tengah menata gorengannya di etalase koprasi siswa. Ayu, nama gadis yang tengah menata bakwan, pisang goreng dan teman-teman segorengannya, ia berkomat-kamit tapi bukan membaca mantra tetapi menghitung jumlah gorengan yang ia setor di koprasi siswa hari ini.

 

“Ayu!!,” ucap Lia dengan suara keras mengagetkan Ayu.

“Satu bakwan harga seribu geratis cabai satu biji,” ucap Ayu reflek. “Uhh ngagetin kamu Ya, ada apa? Mau beli gorengan ya?”

“Iya mau beli bakwan dua sama ubi gorengnya satu,” jawab Lia. “Eh Ayu udah beli hadiah belum? Aku bingung nih mau beli hadiah apa, masa aku harus keliling tujuh kali untuk dapat pencerahan.”

“Hadiah buat ibu ya?”

“Ya iyalah. Si Lia kan tiap tahun ngerayain hari ibu dan ngasih hadiah ditambah dia ngunggah kebersamaan dengan ibunya di sosial media. Tanda kalo dia bangga akan ibunya,” sahut Bela yang baru datang dengan dua temannya. Mereka menamai grup mereka dengan three angels tetapi Ayu justru memanggilnya dengan triangle yang berati segi tiga. Ayu memang jagonya dalam hal mengganti nama, ia tiada lawan di seantero dunia.

“Kamu ga pernah tuh Yu kelihatan unggah foto ibumu di sosial media ataupun ngasih kado buat ibumu. Kamu malu ya sama wajah ibumu?” tanya teman Bela yang tidak diingat namanya oleh Ayu, yang jelas  dia bagian dari triangle.

“Aku aja tahun lalu ngasih kue buat mama,” jawab


          Mendengar pertanyaan dari teman Bela, Ayu hanya diam dan tersenyum. Ia melanjutkan membungkus gorengan untuk Lia dan menata gorengannya. Ia masih menyusun kalimat yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan tetapi tidak menyakiti pihak manapun.



“Aku ga akan kasih hadiah kue buat mamakku. Mamakku pun ga akan makan karena sayang. Uang buat beli bisa dibuat nambah modal buat bikin gorengan. Kalo dikasih hadiah paling aku yang dimarahin,” jawab Ayu.


“Hadiahku buat mamakku tahun ini tetap sama dengan tahun kemarin. Usaha sebaik mungkin buat jadi anak yang berbakti. Aku masih memegang teguh Tiang Sepuh iku Pengeran engkang Katon. Setidaknya aku tidak malu buat bantuin mamakku yang penjual gorengan dan tidak minta uang buat ngasih lagi hadiah ke mamak yang sebenernya gak terlalu dibutuhkan mamakku.”


“Aku ga bisa unggah foto kebersamaanku dengan mamakku, ya karena aku pikir hubunganku sama mamakku seistimewa hubungan kalian dengan mama, dengan ibu, dengan bunda kalian. Mamakku pun ga ada waktu buat foto-foto begitu, kalo ada waktu luang dipakek buat istirahat,” tambah Ayu.


          Setelah mendengar jawaban dari Ayu, semua teman-temannya terdiam. Mereka sadar bahwa hakikat hari ibu bukan hanya perihal memberi hadiah kepada ibunya ataupun mengunggah foto kebersamaan dengan ibu. Akan tetapi adalah bagaimana peranan kita sebagai seorang anak dalam membantu ibu dan mengurangi bebannya. Tak nampak di sosial media bukan berati tidak ada di kehidupan nyata.

 

Oleh: Adin Nur Kholifah, Alumni SMAN 1 Gondang

(Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Malang)




BACA ARTIKEL LAINNYA :
loading...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Untuk mendapatkan informasi terbaru dari LENSA SMAGO silahkan masukkan email anda, GRATIS!!!

loading...