Facebook SDK

 


“10 ADAB DALAM BERDO’A”


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para Pembaca dan saudara-saudaraku yang dirahmati Alloh …………………

 

Sebagai hamba Alloh yang hidup pasti kita dihadapkan akan banyak masalah, dari masalah yang paling kecil sampai dengan masalah yang paling besar/komplek. Dengan masalah yang kita hadapi itulah dapat menjadikan kita untuk lebih bersikap dewasa dalam memecahkan berbagai permasalahan hidup yang kadang kita telah banyak melakukan usaha secara lahir agar permasalahan hidup dapat terpecahkan. Akan tetapi dengan usaha yang kita lakukan tersebut terkadang permasalahan tersebut belum dapat terselesaikan sesuai dengan yang kita harapkan.

 

Hay SMAGOPEDIA! Punya Hobi Menulis? Ingin tulisanmu dibaca banyak orang? Yuk, kembangkan kreatifitas menulis kamu di lensasmago.com | Tulisan kamu akan dipublikasikan di Lensa SMAGO loh | Hasil karya bebas, bisa artikel, cerpen, puisi, dsb. | Kamu juga akan mendapat bimbingan langsung | Buruan Gabung, kita tunggu yah | Hubungi nomor Whatsapp berikut 0812 3310 3663 atau 0822 3436 2046

Dari sinilah kita dapat menyelesaikan berbagai permasalahan hidup yang kita hadapi dengan  menggunakan usaha secara bathin yang sering kita sebut dengan berdo’a. Do’a ini kita lakukan setelah kita berikhtiyar/berusaha semaksimal mungkin baru kita serahkan sepenuhnya dan berdo’a kepada Alloh.

 

Do'a adalah sebagai bentuk permohonan,  pengharapan dan permintaan atas segala sesuatu kepada Allah SWT sebagai sang Khalik, agar sesuatu itu di penuhi dan dikabulkan oleh Alloh SWT. Do’a adalah merupakan suatu bentuk ibadah yang diperintahkan kepada semua umat manusia yang beriman kepadaNya. Hal ini sesuai dengan firman Alloh dalam Alqur’an :

 



ادعوانى استجب لكم

Artinya : Mintalah, berdo’alah kamu kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkan permintaanmu.

 

Do’a adalah kunci dari semua ibadah, yang merupakan kekuatan yang timbul secara bathiniah dari setiap individu yang mengaku dirinya beriman kepada Alloh SWT. Kata Rasululloh SAW dalam sebuah haditsnya :

…….do’a adalah senjata bagi orang-orang mukmin…

Saudara-saudaraku yang dirahmati Alloh…

Apabila kita tidak mau berdo’a atau meminta kepada Alloh kita oleh Alloh dianggap sebagai umat yang sombong.

 



Bagaimana agar do’a kita dikabulkan oleh Alloh  ?

 

Dalam setiap berdo’a tentu kita berharap agar do’a-do’a yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Alloh SWT. Untuk dapat dikabulkannya do’a kita, tentu harus menggunakan tuntunan, tata krama, sopan santun atau yang lebih kita kenal dengan adab dalam berdo’a. Imam Al-Gozhali memberikan tuntunan kepada kita dengan 10 adab dalam berdo’a ( seperti yang telah disebutkan oleh Syeh Muhyiddin Abi zakariya Yahya bin Syarif An-Nawawi dalam kitab “Al-Adzkaaru Anawawi halaman: 353 ) sebagai berikut :

 

 1. Memilih waktu-waktu yang mulia (ان يترصد الازمان الشريفة)

Hendaknya pada saat kita berdo’a dapat memilih waktu yang istijabah ( dikabulkannya ) dalam berdo’a, seperti pada hari ‘Arafah, satu bulan penuh di dalam bulan Romadlon, hari Jum’at, 1/3 akhir dari setiap malam, dan waktu sahur di bulan romadlon. Waktu-waktu ini adalah waktu yang mulia

 

2. Memilih saat-saat yang mulia ( ان يغتنم الازمان الشريفة  )

Dalam kitab ini disebutkan saat-saat yang mulia yang dapat kita pilih antara lain seperti : saat sujud, terutama sujud  terakhir  pada setiap shalat ( baik saat shalat fardlu ataupun shalat sunat), saat bertemu musuh di medan perang, saat turun hujan, setelah adzan sampai iqomat, dan setiap selesai shalat fardlu.

 

3. Menghadap Kiblat dan mengangkat kedua tangan dan mengusapkan wajah setelah selesai

 (استقبال القبلة – ورفع اليدين – ويمسح بهماوجهه فى اخرها  )

 

4. Merendahkan suara ketika berdo’a (خفض الصوت بين المخافته والجهر )

 

5. Tidak berlagak sombong ketika berdo’a (ان لايتكللف السجع )

Artinya dalam berdo’a kita hendaknya dengan kata-kata yang rendah hati dan mengharap dengan sungguh untuk dikabulkannya do’a.

 

6. Rendah hati dan khusyu’ (التضرع والخشوع والرهبة )

Adab yang ke enam ini dimaksudkan agar selama kita berdo’a hati kita berusaha untuk hadir dihadapan Alloh dan sungguh mengharap untuk dikabulkannya do’a

 

7. Harus yakin bahwa do’a kita mesti dikabulkan (ان يجزم بالطلب ويوقن بالاجابة  )

Yakin akan dikabulkannya do’a merupakan syarat mutlak dalam berdo’a, kita tidak boleh ragu-ragu dalam mengharap dan meminta apa saja kepada Alloh. Apabila kita ragu ( tidak yakin ) maka Alloh tidak akan mengabulkannya, hal ini seperti disebutkan dalam sebuah hadist  Qudsi Rasululloh SAW bersabda yang artinya …………”Aku ( Alloh ) akan menyangka sesuai dengan prasangka yang ada pada orang itu …….”

 

8. Harus sungguh-sungguh dan selalu mengulang-ulang dalam berdo’a (ان يلح فى الدعاء ويكرره ثلاث )

Dalam berdo’a kita harus betul-betul berharap untuk dikabulkannya do’a bahkan kita tidak bosan-bosannya dan tidak henti-hentinya untuk mengulang-ulang do’a tersebut.

 

9. Mengawali do’a dengan kalimat-kalimat dzikir (ان يفتتح الدعاء بذكرالله تعا لى  )

Mengawali dengan kalimat dzikir disini dengan membaca Basmalah, Shalawat atas nabi dan membaca Hamdalah baru kit abaca do’a yang kita maksud ( isi dari do’a ). Hal ini tidak saja dilakukan  diawal do’a , tapi juga dibaca pada akhir/penutup do’a. Dalam sebuah hadist nabi pernah menyampaikan ………….do’a yang tidak membaca shalawat atasku, maka do;a tersebut tidak akan sampai kepada Alloh ( tergantung antara bumi dan langit )………”

 

10. Mengharap ampunan kepada Alloh dan terkabulkannya do’a (وهو اهمهاوالاصل فى الاجابة  )

Adab yang ke sepuluh ini kunci dari nomor 1 sampai dengan 10, hal ini dimaksudkan semua rangkaian doa’a yang kita panjatkan kepada Alloh semata-mata hanya mengharap ridlo Alloh dan terampuninya semua dosa dan kesalahan dari kita. Amiiiiiin ……………….

 

Demikian sepuluh adab dalam berdoa yang telah dituntunkan kepada kita semua, semoga dengan tulisan ini dapat  menjadikan tetesan hikmah ilmu kepada kita semua sehingga dapat menambah wawasan ilmu kita untuk berusaha dan memotivasi kita bertaqorrub (mendekatkan) diri kepada Alloh SWT. Amiiiiiin…………………

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


 Author : IMAM MUJAHIT, S.Pd., M.Si., Kepala SMAN 1 Gondang, Nganjuk

 



BACA ARTIKEL LAINNYA :
loading...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Untuk mendapatkan informasi terbaru dari LENSA SMAGO silahkan masukkan email anda, GRATIS!!!

loading...